Laskar Pelangi The Movie

Laskar Pelangi The Movie

One word to describe this movie: Awesome alias KEREN!!!

launched on September 25th, 2008… this movie has bring “something” to Indonesian movies.

Gue optimis film ini bakalan bawa paradigma baru ke dunia perfilman Indonesia. bukan dari masalah penghargaan yang (mungkin) bakalan diterima sama film ini, tapi dari dampaknya.

Dari hari Kamis, gue dah niat nonton bareng temen2 di 21, tapi ternyata jodohnya ketemu hari Sabtu… dan demi film ini, gue bela2in nonton sendirian. secara kalo weekend pada punya acara sendiri2 gitu…

pukul 12.15… padahal ngantri dari jam 10.30… wat a struggle!

but it was worthed! gimana nggak… view Belitong itu yang dah bikin gue sumpah merinding abis… satu hal yang gue nyesel… nggak bawa tissue…hiks..

satisfied? pure! yang gue pengen liat cuma visualisasi keadaan Belitong, toh gambaran cerita dan penokohan, I had them in my mind when I read the book.

umumnya kalo kita dah baca bukunya, trus nonton pelemnya pasti kecewa. yeah, untuk AAC, tapi kalo yang ini… puas abisss… semua! view, characters, sound effects, dan satu lagi.. pesannya dapet!

dari semua scenes, yang paling gue suka adalah saat terakhir, pelem dah abis, lampu bioskop dah nyala dan penonton barisan depan dah beranjak dari tempat duduk… yaitu scene yang menampilkan tulisan:

“Semua warga negara berhak mendapatkan pendidikan”… yang ternyata cuma jadi isi dari salah satu pasal di Undang Undang Dasar 1945.

salah satu pasal yang bisa aja jadi penjegal di kala ulangan PPKn ato TN…

dan pasal itu ditampilkan terakhir pisan… setelah kita dah terkuras air mata menyaksikan potret kehidupan anak anak Belitong yang haus ilmu. Ada ratusan Lintang malang melintang di negeri ini, masih ada ribuan Harun yang “dibuang” dari sekolah “normal” yang nggak menerapkan pendidikan inklusi…, dan masih menanti jutaan Ikal yang mengharapkan beasiswa…anak anak jenius luar biasa yang menjadi kebanggaan bangsa… anak anak yang pada awalnya tidak diperhitungkan, dan anak anak yang dianggap telah kering harapan…

Thank You Allah, Thank You Andrea Hirata, dan semua pihak yang telah mewujudkan visualisasi laskar pelangi.. you guys have done a great job!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s