Perubahan Workplan

Perubahan Workplan

21 Juli 2010

Genap 3 minggu keberadaan tim kami di Davao, Filipina

Rencana kerja yang telah kami buat sebelumnya harus mengalami perubahan dikarenakan situasi dan kondisi yang juga berubah.

Pada awalnya, kami berpikir bahwa kami akan ditempatkan di “sebuah” institusi. Namun di lapangan kami ditugaskan di beberapa tempat yang berbeda

Rencana pengajaran yang telah dijadwalkan 2 bulan harus kami sesuaikan dengan kondisi dan dipadatkan menjadi hanya 2 minggu.

Adaptasi, adaptasi dan adaptasi

3 kata kunci yang terus kami lakukan disini

Dikarenakan beragamnya institusi yang kami tangani, maka kami harus selalu menyesuaikan materi dengan kebutuhan institusi

Namun kami tetap berfokus pada pembuatan kamus 4 bahasa (Indonesia, Inggris, Tagalog dan Visaya) serta Tourism Guide

Berikut adalah analisa sekilas tentang institusi tempat kami bertugas

  1. Sekolah Indonesia Davao

    Sekolah WNI di Davao, dengan jumlah murid kurang dari 200 siswa/I. Sekolah ini terletak di kompleks kantor Konsulat Jenderal Indosia untuk Davao. Sekolah ini merupakan SD, SMP dan SMA di dalam satu gedung sekolah.

    Untuk peserta workshop mjeni sendiri, sebelumnya ada 8 peserta namun kemudian menyusut hingga menjadi 2 orang peserta. Hal ini dikarenakan kami datang pada saat mereka liburan akhir semester

    Di SID, kami menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris. Untuk pengerjaan kamus 4 bahasa, kami membentuk sebuah tim untuk menerjemahkan. Sedangkan untuk tourism guide, belum dapat kami realisasikan.

  2. Tagum City National High School

    Sekolah Negeri yang terletak di sebelah utara Kota Davao. Sekolah ini mempunyai sekitar 6000 siswa/i. Jumlah yang cukup biasa di sekolah negeri Filipina. Disini, sekolah negeri wajib menerima semua siswa, tanpa persyaratan apapun, karena mereka mempunyai prinsip Education For All.

     

  3. Interface Computer College

    Sampai hari ini, kerjasama kami dengan NCC masih dalam tahap negosiasi akan jadwal dan tempat. Sebelumnya mereka tertarik untuk mengadakan one-day seminar di kampus itu.

  4. Digos City National High School

    Sekolah negeri yang akan kami kunjungi pada hari Sabtu, 24 Juli 2010. Untuk berikutnya, kami akan bertugas disana setiap hari Sabtu dan Minggu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s