Persiapan Ke Davao

Persiapan Ke Davao

Judul yang agak telat..

hm, sebenarnya nggak juga sih.. karena tulisan berikut ini hanya untuk sekedar berbagi… karena untuk gue sendiri waktu mau ke Davao sini, cari info tentang Davao ndak ada yang akurat T_T

Tulisan ini juga bukan sebuah acuan, melainkan suatu perspektif subjektif, pendapat pribadi yang mungkin saja bisa bermanfaat bagi orang lain, kalau pun tidak.. ya nanti bisa jadi bekal pribadi kalau suatu hari ada kesempatan lagi ke Davao..heheh (mekso emen… :P)

so, here we go…

sebenernya kalo mau buat persiapan, ada beberapa hal penting nggak penting yang bisa kita  jadiin acuan:

1. kita mau tinggal berapa lama disana?

2. kita tinggal sama siapa dan dimana?

3. kita mau ngapain disana?

Jadi, berdasarkan itu… baru kita buat daftar apa saja sih yang harus kita persiapkan untuk kesana

1. Durasi tinggal

Hm, dari awal gue dah tahu kalo bakalan tinggal disini selama 2 bulan… alhasil.. kebayang deh kopernya segede apa.. heheh (lebay.com)

ternyata setelah dievaluasi, sampai 3 minggu tinggal disini ndak semua pakaian sudah terpakai. heheh… artinya, kalau lo mo tinggal disini lebih dari 1 bulan, maka jatah pakaian dua minggu masih bisa survive kok.. (tergantung personalnya juga sih, mau sering ganti baju apa nggak.hehehe). tapi kalo mau tinggal disini lebih dari sebulan, maka jatah pakaian yang dibawa bisa lebih sedikit lagi.. kenapa? karena, pakaian bisa dicuci dan lo bisa beli juga disini kalo kurang.heheheh

Kemudian, soal visa.. urusan durasi tinggal ini, pemerintah Filipina sendiri ngasih jatah 21 hari untuk on-arrival visa (untuk paspor hijau). so, kalo kira2 mau tinggal lebih dari itu, silakan urus visa dulu di kedutaan Filipina. kalo di Jakarta, disini nih alamatnya

Philipine Embassy (Kedutaan Besar Filipina)
Jl. Imam Bonjol No.6-8 Menteng Jakarta 10310 Indonesia
Telepon : (62-21) 310 0334 , Fax : (62-21) 315 1167

2. kita tinggal sama siapa dan dimana?

yang satu ini wajib, kudu, mesti hukumnya. gunanya untuk:

a. jaminan kalo di Filipina kita ada yang “nampung”, heheh

b. dipake waktu urus visa

c. dipake pas kita isi kartu keberangkatan (imigrasi Jakarta) dan kartu kedatangan (dari imigrasi Manila)

3. kita mo ngapain disana?

well, ini poin yang paling penting karena sangat berkaitan erat dengan visa. Jadi kalo yang mau kesini karena belajar, maka uruslah visa belajar.. yang mo ngantor, ya visa ngantor.. (asal banget istilahnya..hehe), ya pokoknya sesuaikanlah dengan kebutuhan.. hehehe

dari beberapa poin di atas.. ada satu hal penting yang ketinggalan: makanan.

disini, sebagian besar makanannya berasa masam alias asem.. orang sini bilang aslum.. jangan harap ada makanan berbumbu macem rendang, itu dah gak banget karena orang sini gak suka makanan spicy. katanya, perut mereka tuh lemah sama yang begituan. tapi kok kuat banget ma lemon?ckckck… jadi demi kelangsungan hidup anda, bawalah sambel+kecap. karena disini nggak ada!

begitu pula dengan minuman.. disini nggak ada sirup… T_T’ tapi kalo bir dan minuman beralkohol lainnya? banyak! (inget, bagi yang muslim.. ini haram, sodara2! :P)

above all, jangan kaget liat infrastruktur kota Davao yang “belum rapi”, tembok-tembok bangunan yang ndak di-cat, terus mobil angkot “jeepney” ma becak-motor “tricycle”

p.s. jangan lupa payung ma kacamata item… disini panas, bo😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s