Bayar Pajak di Samsat Depok

Bayar Pajak di Samsat Depok

Urusan pajak memang bikin bete.. denger kata pajak itu sendiri juga dah bikin mual.. apalagi kalo inget pajak yang kita bayarkan juga diembat sama mafia pajak…😦

Tapi ya sebagai warga negara indonesia yang baik dan demi keamanan dan kenyamanan di jalan.. berangkatlah gw ke kantor samsat depok untuk bayar pajak tahunan kendaraan roda dua..

Hari ini memang ndak bisa dateng pagi-pagi ke samsat karena paginya urus legalisir ijazah D3 ke kampus dan buat SIM ke polres depok.

Sampe di Samsat Depok yang di Jl. Merdeka itu jam 13.00.

Sebelumnya sih gue juga pernah urus bayar pajak sendiri (tanpa pake calo), cuma dah seribu tahun yang lalu *lebay* jadi lupa.. heheh..

Sampe disana, gue parkir motor, dan melangkah bimbang ke kantor samsat… iyalah bimbang, karena nggak tahu pos-posnya..

Karena liat banyak orang pake map, maka gue ke tukang fotokopi terdekat dan beli map yang dipatok harganya serebu perak.

Semua persyaratan bayar pajak gue masukin di map itu..

Terus, ngeliat banyak orang ngumpul di receptionist ambil antrian, gue ikut juga.. dan dah ngantri kurang lebih 10 menit, dipanggil deh..

“Mbak, silakan ke TU dulu ya.. ” *gedubrak* ternyata gue salah.. hehehe..

Jadi harus ke TU dulu, dan nanti map kita di-cap “R-2” gue nggak tahu artinya apa..

Sampe di ruang TU, gue taro dah tuh map di loketnya.. dan gak lama kemudian gue dipanggil.. ada persyaratan yang kurang.. KTP/ SIM asli dan STNK asli.. dan bayar 10 rebu..πŸ™‚

btw. persyaratan bayar pajak:

1. Fotokopi KTP/ SIM dan asli (atau yah.. jadi gak perlu dua duanya).

2. Fotokopi dan STNK asli

3. BPKB atau surat keterangan (dari leasing) kalo lo pemilik kendaraan tapi BPKB masih disekolahin di leasing.

DONE.

baliklah gue ke receptionist, nunggu lagi dan dikasih nomor urut. dikasih 2 tiket dengan nomor tunggu yang sama.. yang satu harus kita staples sendiri di map kita, dan yang satu lagi kita pegang (percayalah, nomor urut ini gak berlaku, brother… yang berlaku adalah seberapa cepat lo numpukin berkas lo di loket).

loket 4

Gue segera ke loket 4 (perpanjangan kendaraan roda 2) dan numpukin berkas. Disinilah gue tahu kalo itu tiket antrian useless… secara gue nomor 383, dan ibu2 di sebelah gue 381.. tapi gue duluan yang dipanggil.. hehehhe..

loket pembayaran

Gue nunggu berkas gue dikerjain selama kurang lebih 1 jam, kemudian nama gue dipanggil dan gue bayar di loket pembayaran. Dikasih deh secarik nota gitu.. dan semuanya sejumlah 232 rebu…

Abis itu, nunggu lagi…

sekitar 45 menitan..

loket terakhir...

Nama gue dipanggil lagi… dan STNK gue selesai…

hasilnya... ^_^

one thing I hate so much.. SIM gue kena staples… crap!

Secara itu SIM baru berusia kurang lebih 3 jam.. dan dah kena staples.. bete aja gitu.😦

Mana ngelepasin staplesnya susah banget.. sampe minta tolong sama mas mas yang di sebelah gue.. hehhe

dan voila.. SIM beres, pajak beres.. jam 3 gue dah meluncur ke rumah…πŸ™‚

eh, gak ding.. sempet mampir dulu beli es krim gogo… yummy!

Gogo Ice Cream

 

So guys.. mendingan bayar pajak sendiri.. gampang… total biaya ndak sampe 250 rebu.. dan bonus es krim (beli sendiri,… wkwkw). Fyi, kalo datengnya pagi-pagi malah lama lho katanya.. temen gue kesana pagi, dari jam setengah 8 gitu, malah lamaaaa banget sampe jam 12an lebih.. akhirnya dia gak sabar dan narik berkas.. beralih ke calo… selesai dalam 20 menit.. hahaha…

Yah… yang namanya birokrasi negeri ini mang masih carut marut, sih.. tapi paling ndak mereka sudah berusaha.. *kedip*

 

 

 

 

3 thoughts on “Bayar Pajak di Samsat Depok

  1. OK.. thanks bgt,,,, infonya,,, w sgt perlu itu,,, tdnya blm tau dmn tu samsat Depok.. w mo byr pajak… w tanya temen ga ad yang tau dmn tu tempat samsat depok coz sy tinggal di jak-ut… uyo rsq,

    1. sama sama, mas… semoga bermanfaat.. tapi sekarang dah bisa kok bayar pajak di Detos, lantai dasar.. dengan syarat… belum lewat batas akhir bayar pajaknya..πŸ™‚
      Selamat jadi WNI yang baik.. ^_^

Leave a Reply

