Semalam di UGD

Semalam di UGD

Ada juga judul lagu “Semalam di Cianjur”, gitu yah? lha ini… UGD…

Here’s the story…

Karena kecapean pas weekend-nya (kudu tetap dinas), akhirnya hari Senin, 12 Nopember 2012 gue nggak masuk kerja, secara sorenya juga kontrol ke Dr. Winur. Alhasil, ada nyeri perut bawah yang dah dirasain sejak hari Minggunya. Gw pikir, ah paling cuma nyeri biasa.

Pas kontrol sama Dr. Winur juga gue bilang, dok ini ada nyeri perut bawah apa nggak pa pa? Beliau bilang, mungkin kontraksi palsu. Gue dikasih resep Duvadillan 20 mg, yang kudu diminum stengah tab 2 kali sehari. Yasud, so gue pikir no problemo.

Hari selasa paginya, tetep masuk kerja karena masih banyak kerjaan yang kudu diselesaikan. Entah kenapa kalo badan lagi ga enak, kerjaan ada aja yang mandeg.. huft. Internet mati lah, gue curiganya radio di atas tower mati gara2 kesamber petir pas hari Jumat. Karena gue ping  gateway aja ga mau. Sms ke ISP, not responding. Yasud, akhirnya gue nunggu aja.

Gue ngajar pagi dari jam pertama, sempet nerangin full power sampe jam 9. terus ga lama ini nyeri perut bawah makin menjadi2, dan gue nggak tahan. Akhirnya izin ma anak2 supaya gue bisa istirahat sebentar, lonjoran.

Gak terasa pas istirahat gue malah tidur beneran dari jam 10 sampe jam 11. Itu nyeri nggak ilang2. Mana duvadillannya di rumah. Akhirnya gue makan dulu, karena nggak sanggup pulang bawa motor sendiri. Abis dzuhur, kontraksinya agak ringan walaupun gue jalan masih terbungkuk2. Nekat aja pulang sendiri.

Sampe rumah jam 2an, terus bbm bidan Dera. Konsul lah gue… dia bilang kalo masih sakit banget, ke RS aja. Tapi emang dasarnya gue tambeng, ah gue tidur aja dulu. Paling cuma kecapean.

Tidurlah gue sampe papanya junjun pulang. Begitu dia pulang, gue malah ga bisa bangun.😦

And he was so panic. Walaupun gue dah bilang sih ma dia kalo gue kayaknya kontraksi, tapi bukan kontraksi beneran.

That night was extremely ga enak. Posisi tidur gue bener2 serba salah. Nyeri tuh dah menjalar sampe ke pinggang bawah dan seluruhnya. Gw sms Dr. Winur, beliau bilang terusin aja duvadillan, kalo ga berkurang juga ke UGD.

Well, gue terusin minum obat rutin. Hari Rabu ga berangkat kerja, karena kayaknya emang bener gue cuma butuh istirahat. The whole day, bener2 cuma tiduran. Papa junjun yang selalu siap siaga sampe kesiangan ngantor karena ngurusin gue dulu paginya. Masakin gue makanan dan pindahin semua makanan/ minuman plus obat ke samping tempat tidur yang bisa gue jangkau.. *love u so much, pa*

Gue? tiduran doang ditemani bb.. shalat pun di tempat tidur.

Rabu malam, kondisi dah makin membaik. Papa junjun insist gue ke RS, tapi gue nggak mau karena gue pikir dah baikan. Gue dah bisa bangun sendiri dan jalan *sotoy*

Mengingat kamis-minggu itu cuti bersama, gue pikir mendingan nginep di rumah oma. secara khan RS-nya juga deket dari rumah oma.

Kamis siang berangkatlah gue ke rumah nyokap. Papa junjun naik motor, sementara gue naik taksi. Kontraksi dah semakin berkurang.

Kamis malem, kontraksi lagi… sampe gue bener2 ga tahan. Sms lagi Dr. Winur, ga pake ba bi bu langsung diinstruksikan ke UGD.

Di UGD, karena gue diliat masih bisa jalan sendiri kali ya, tu dokter jaga juga santai2 aja gitu.

Ditanyalah usia kandungan gue berapa dan langsung ditelpon Dr. Winur. Yang gue salut sih bidan jaganya, Mbak Dini. She’s so much full of attention to me… Ramah abis,… jadi gue di UGD juga bercanda2 aja gitu. Walaupun tindakannya agak2 ekstrim menurut gue. Begitu dokter+bidan jaga liat status gue, gue pernah flek dsb, langsung lah gue dikasih tindakan:

1. Timbang berat badan (turun 1 kg, tadinya 70kg jadi 69 kg) dan tensi (100/70)

2. Tes lab (darah plus urine)

3. Dikasih rudal penahan mulas yang dikasih lewat *nus (sumpah yang ini ga enak banget!)

4. Rekam CTG Junjun

5. Observasi 1 jam. Pas di observasi, ternyata Junjun kekurangan O2 dari gue, karena guenya dah kecapean gitu jadi anak sama emak rebutan O2… (ada kali gitu?? ya ada, gue.. :P)

6. Tindakan selanjutnya, gue dioksigen selama 1 jam. (jadi inget waktu di bandung, ahhaha)

7. Rekam CTG Junjun lagi (part 2)

8. Pada akhirnya gue dikasih pilihan; mau rawat inap, atau rawat jalan. Sumpah gue nggak nyangka bakal dikasih opsi ini karena gue ngerasa dah much better banget (efek rudal tadi sebenernya, jadi gue dah ga mulas2). Dikasih lah poin2 kenapa gue ditawarin rawat inap, gue ternyata harus disuntik penguatan paru buat Junjun, just in case dia “ngajakin keluar” lagi, Junjun dah ready buat survive di dunia luar. Dan U know… suntikan ini harus diberikan pada jam yang sama selama 3 hari berturut2!

Gue yang waktu itu kondisinya dah pusing plus ngantuk berat, setuju aja kalo dirawat inap. Tapi pikir2 lagi, toh gue nggak diinfus atau apa khan ya selama dirawat.. jadi yah.. mendingan rawat jalan.. walaupun rawat jalannya kayak kalong, tiap jam 10 malem gue kudu ke RS Aulia dan pulang sekitar jam stengah 12an gitu.. Ga pa pa dah, demi Junjun tercinta..😛

Yang gue salut sama RS ini yah, sebagai pasien tuh bener2 dijaga “haknya”. I mean, lo tuh ga dipaksa2 kudu rawat inap dsb dan setiap tindakan yang mereka mau kasih tu dikonsul dulu ke kita apa kita bersedia dikasih tindakan itu. Manfaat, plus minusnya semua dikasih tahu dan jelas. Thanks to Dr. Winur juga yang mau gue ganggu sms melulu… hihi.

Semalem dah suntikan ke-2. Malem ini, malem mingguan ma papanya junjun lagi deh di RS… dan menanti suntikan penguatan paru yang sedap banget rasanya… hehehe…

Moral of the story:

Bagi para bumil yang petakilan kayak gue, kalo ngerasa apa-apa, please don’t be coacky… We’re just a human being yang memang dah punya jatah ketahanan diri masing-masing. Kalo dah dirasa kelewat tuh limit, jangan sekali2 sok sok an. (talk to my own face :P)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

