Financially smart

Financially smart

What? finance? numbers? euughh…

Kadang kita dah segitu “eneg” nyah ternyata sama yang namanya finance, tapi kalo denger kata “duit” langsung deh seger. Padahal, tanpa wawasan keuangan yang bagus, kita ga bisa juga kelola duit yang kita punya… #curcol

Well, after I did some financial checkup that day, gue seperti “tercerahkan” selain tertonjok juga sih..

Ya gimana nggak? Gw kerja dah berapa tahun, tapi apa yang dah gue “punya”?

Rumah? belom.

Investasi? belom berani. Soalnya yang namanya investasi pasti kan ada risk and return-nya kan? *cieh, mulai keluar nih kata2 berbau finance*

Gue akhirnya berkaca dan menerawang ke tahun2 belakangan sampe sekarang, did some evaluation. Voila! I need to do something. Tapi ya itu emang dasarnya gue nggak bisa yah maen gerak membabi buta gitu aja. I need some guidance. Dan satu2nya yang gue kenal adalah @mrshananto alias Ibu Ligwina Hananto, sang perencana keuangan yang kondang itu.

Main2 ke website perusahaannya dan pesan buku inih

Untuk Indonesia yang Kuat
Untuk Indonesia yang Kuat

Pesan dan transfer kemarin (Rabu) dan gue terima hari ini (Kamis). Emang dasar dah jodoh, ternyata emang kalo pesen buku di QM, itu pengiriman setiap Senin, Rabu dan Jumat🙂

dapet ttd, cihuy! :P
dapet ttd, cihuy!😛

Ga sampe sehari itu buku dah abis gue baca. *diselingi nyusuin Asa*

Hasilnya setelah baca itu? Tertampar, tertonjok dan semuanya dah… *lebay*

Dan gue baru sadar betapa rendahnya ilmu finansial yang gue punya. *pantesan belum kaya*

Dari dulu gue nggak pernah konsisten sama yang namanya mencatat cashflow. Padahal dari jamannya gue SMA kelas 2, gue dah punya penghasilan sendiri  dari hasil ngajar les. Dan itu ngalir entah kemana duitnya *sedih*

Dari hasil baca skimming tadi, poin2 yang gue inget adalah:

1. Gak perlu nunggu punya penghasilan gede baru bikin rencana keuangan (“gede” disini relatif yah) kalo ukuran gue, ga perlu nunggu punya gaji 3-4 juta baru bikin financial plan sendiri

2. Menabung ga cukup, Investasilah! mo reksadana, mo LM (logam mulia)… apapun yang bisa bikin duit lo “berkembang” ga melempem di bank dan ngarepin bunga yang jomplang banget sama inflasi

3. CATAT SEMUA PENGELUARAN even sampe 50 peraknya! okey, ini komitmen serius lho… gue dah bertahun2 inkonsisten banget sama hal ginian. Tuhannn… kali ini beri hambamu ini kekuatan supaya konsisten.. Amiiin.

4. Urusan proteksi, beli Asuransi jiwa murni atau asuransi kesehatan… karena  yang namanya proteksi/ asuransi itu ada resiko, nggak ada itu yang namanya asuransi pendidikan. lha pendidikan resikonya apa? sila baca dimari

5. Act! act! act! Finance should be practical… suka banget sama tagline yang satu ini. Finance itu bukan cuma melototin angka dan parno sama angka2 yang berseliweran, kata2 yang lo ga pernah denger sepanjang belajar bahasa inggris. But, finance itu real, nyata… dan kalo ga mau atur, maka lo akan diatur sama duit. #ngaca

So, are you financially smart enough?

 

 

Leave a Reply

