Persiapan ASIX (ASI Eksklusif)

Persiapan ASIX (ASI Eksklusif)

Posting kali ini khusus dibuat untuk bumil Eghie yang niat banget mau ASIX for her will-be-born-baby

ASI Eksklusif  selama 6 bulan (bayi hanya diberi ASI SAJA) berarti menyusui dengan cinta. Gimana dengan working mom yang punya jatah cuti melahirkan hanya 3 bulan saja? Menyusui tentu saja tetap bisa dilakukan dengan cara memerah ASI dari “gentongnya”, disimpan hingga kemudian ketika mom kembali bekerja, bayi bisa tetap minum ASI dengan media lain.

Sebelum ngomongin manajemennya, berikut adalah perlengkapan perangnya:

1. Breast Pump (opsional, bisa marmet (perah tangan) kalau kondisi kantor mendukung)

Kalo gue sendiri, pake BP Unimom Allegro yang nyamaaaan banget dipakenya. Harga? beli di ITC Depok Rp. 825.000 plus switch kit, terus nambah paket supaya bisa double pump Rp. 175.000 jadi total Rp. 1.000.000. Mahal? Bandingin coba kalo beli susu formula, itu cuma bakal beli sufor 9-10 kaleng!😛

Unimom Allegro+Switch Kit+Double Pump
Unimom Allegro+Switch Kit+Double Pump

2. Botol kaca (jika ASI akan disimpan lebih dari 2 minggu)

Ada berbagai pilihan untuk botol kaca. Botol kaca ada yang spesial dibuat untuk simpan ASI dengan tutup karet, botol bekas UC 1000, atau botol bekas selai (wideneck). Gue dah pake ketiga- tiganya. So far, kalo marmet, pilihan terbaik adalah botol kaca wideneck. Untuk daya tahan mendingan botol kaca bekas UC 1000, kacanya bandel, daya muat lebih besar (100ml) dan tutupnya lebih fit karena pop up dan ulir. Kalo botol kaca tutup karet, sterilnya ribeeet.. :p

Botol kaca wideneck Sumber: asibayi.com
Botol kaca tutup karet Sumber: asibayi.com
Botol kaca bekas UC 1000. Sumber: asibayi.com

Harga:

Botol kaca bekas UC 1000: Rp. 1.500

Botol kaca tutup karet: Rp. 2.500

Botol kaca wideneck: Rp. 2.500

3. Botol plastik BPA Free (hanya untuk penyimpanan selama 2 minggu)

Botol plastik BPA Free
Botol plastik BPA Free

4. Freezer (bisa kulkas satu pintu, dua, atau deep freezer khusus).

Berhubung di rumah gue cuma punya kulkas kecil satu pintu, maka gue putuskan untuk nyewa deep freezer di daerah depok dengan biaya sewa 100 ribu per bulan.🙂

5. Ice gel (pendingin)

Ice gel ini bener2 jadi dewa penolong kalo kerja kudu mobile wara wiri kesana kemari dan ga bisa naro ASIP di kulkas. So, gue pake icegel paketan dari cooler bag baby pax yang dibeli semenjak hamil Asa 6 bulan🙂. Daya tahan icegel ini antara 6-8 jam.

Paketan cooler bag babypax, 2 icegel kecil dan 1 icegel besar. Sumber: asibayi.com

6. Cooler bag

7. Bottle warmer

Bottle warmer Crown standar Sumber: asibayi.com

Gue pake bottle warmer untuk memudahkan pengasuhnya Asa untuk menghangatkan ASIP. Proses penghangatan ASIP WAJIB dilakukan secara bertahap untuk menjaga kondisi kandungan ASIP itu sendiri. Tahapan penghangatannya setiap hari adalah:

a. Sore pulang dari daycare, gue pindahin ASIP beku 2 botol @100ml ke kulkas (chiller)

b. Subuh, sekitar jam 5an, gue pindahin ASIP beku yang dah cair ke coolbag plus icegel-nya karena jam 6 Asa dah diantar ke daycare.

c. 15 menit sebelum jadwal minum ASIP, ASIP dipindahkan ke botol sendok untuk dihangatkan menjadi suhu ruang

d. 5 menit sebelum jadwal minum, ASIP di botol sendok (bersuhu ruang) dihangatkan di warmer dengan suhu kurleb 37 derajat.

Berdasarkan saran dari KL (konselor laktasi) tidak dianjurkan untuk menggunakan botol dot karena bisa menyebabkan bingung puting (bayi menolak menyusu langsung dari PD) . So, Asa tiap hari menyusu pake botol sendok.🙂

Untuk media menyusu ini sebenernya sempet bikin gue gelisah, soalnya Asa sempet nyusu pake cup feeder tapi karena kalo di cup feeder, ASIPnya cepet dingin akhirnya Asa keburu ngamuk. So, akhirnya kita ganti medianya pake botol sendok.🙂

Update: soal media minum ASIP Asa secara detil, bisa dibaca disini ya buibu…. ^_^

Well, kalo ada yang bilang mau kasih ASI supaya hemat gue setuju. Tapi gue nggak setuju kalo dibilang ASIX itu gratis. No, not at all. Bagi working mom, ASIX itu nggak gratis, sodara-sodara. We have to committed untuk memaksimalkan anugerah dari Allah untuk kita dan baby.

Keep healthy ya baby Asa.. dan semangat, mama gaga! ^_^

12 thoughts on “Persiapan ASIX (ASI Eksklusif)

    1. bisa mbak, boleh coba ke toko beauty di ITC Depok Lt. UG Blok C No. 61-62 (dekat eskalator) no telp 7752564

      online shop bisa di asibayi.com atau gerailaktasi.com

  1. Mba,, gmana kabar nya dan asa,,,
    Cerita2 nya sungguh inspiratif bgt…
    Boleh tau asa pake botol sendok nya ???? kyk gmana.. Soalnya sy lg bingung nyari media buat ngasih asip ???? pasti ga akan pake dot..
    Mkasih sblumnya yaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s