Kepingan Memori

Kepingan Memori

How can U erase a piece of memory in your head? Swallow it? or press the “Del” button on your nose (there ain’t any, anyway!)

Jawabannya…. don’t even remember it. Karena semakin kita coba melupakan, maka kita akan semakin ingat. ย Tapi untuk kepingan memori yang satu ini, gue cuma pengen keep aja. Ga diingat, ga juga dilupakan.๐Ÿ™‚

Sebuah kota kecil di teluk Sulawesi Tenggara, Kota Kendari. Gue inget banget waktu pertama kali gue tahu kota ini, gue sampe nyari di atlas dan nemu… tapi tulisannya kecil sangat. Padahal kota ini adalah ibukota propinsi Sulawesi Tenggara.

Banyak kepingan memori gue disana, kota kelahiran Ayah.

Beberapa hari ini gue inget waktu gue masih sekolah disana. SD kelas 4. Nama sekolahnya SD 1. Sekolah Dasar paling teope begete katanya. waktu tempuh dari rumah kakek gue paling cuma sekitar 15 menit jalan kaki. Masih inget banget jalurnya… Biasanya gue jalan kaki lewat belakang rumah yang langsung tembus ke pelabuhan, lewati pasar ikan, pasar tradisional dan terminal bayangan di teluk Kendari. Aroma laut di pagi hari itu nggak ada duanya, sodara2!๐Ÿ™‚ Baunya khas, kering dan sedikit amis… tapi seger..๐Ÿ™‚ Biasanya kalo pagi2 pas gue berangkat sekolah, masih ada bocah2 pantai berenang di sela-sela kapal ikan yang merapat.

Sampe di SD, biasanya gue jajan kue lopis yang dibungkus segitiga. Waktu itu harganya masih 25 perak! Dan kuenya legit banget.. besar pula ukurannya sekitar se-telapak tangan gue. Jadi pagi2 jajan itu dah kenyang banget. Biasanya pas istirahat dah ga jajan lagi. Duit jajan dari ibu alias kakaknya bokap, gue save buat beli jeruk bali di pasar pulang sekolah nanti. Harganya waktu itu cuma 100 perak untuk jeruk seukuran bola voli.๐Ÿ™‚

Pulang sekolah, biasanya gue maen sama tetangga sekitar rumah panggung. Oya, waktu itu gue tinggal disana sama keluarga kakaknya bokap. sementara ortu plus adik-kakak gue semua tinggal di Depok.๐Ÿ™‚

Permainan khas yang kita mainin kalo menjelang ashar tuh main boy. entah darimana asal namanya. Permainannya sederhana. Cuma pake bola kertas yang diiket pake karet sampe seukuran bola kasti, terus yang jaga kudu “nembak-nembakin” yang main sampe semuanya kena. lucunya, setiap nembak dan kena, maka yang jaga itu kudu bilang “boy“.

Jajanan sore gue: kue sagon dan pisang goreng. kue sagon satu bungkus isi 4 biji harganya 25 perak, dan pisang goreng 50 perak. Itu pisang goreng segede gaban. Makannya pake sambel, atau pake mentega dikasih gula… hmm,, sedap. Eh, waktu gue hamil Asa sempet kepengen pisang goreng kayak gini… akhirnya bikin deh di rumah mertua… hihi.. *oot*

Kalo gue lagi kesel, ato kangen sama orang rumah, gue punya satu sanctuary spot. Kebetulan rumah kakaknya bokap itu ada di atas gunung kapur yang membelakangi pelabuhan. Nah, di belakang rumah itu ada kursi bambu plus pohon2 bambunya yang teduh (tapi ga serem), viewnya langsung ke teluk Kendari. gue sukaaaaa banget nongkrong disitu… sambil liat lalu lalang kapal sore hari.. plus angin sepoi-sepoi.

Ah, gue jadi inget ngangkutin jerigen air dari gunung sebelah. Yup, di jaman itu air bersih mahal banget. Yang punya aliran PDAM cuma orang2 kaya. Jadi kita tuh yang di bawah garis kesejahteraan dan ga sanggup beli pipa kudu ngangkutin air pake jerigen ke rumah. No selang2an, karena jaraknya yang jauh.. Tiap sore sama kakak2 sepupu gue gantian ngambil air. turun gunung ,nyebrang jalan, naik gunung lagi, ambil air, turun gunung lagi, nyebrang jalan, naik gunung lagi, dan begitu seterusnya sampe bak penuh. Sekarang? Sumbe’ air so dekaaaat…๐Ÿ™‚

Dah ah, anak gue bangun… nti lanjut lagi ya… ciao!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s