Tentang Kehilangan

Tentang Kehilangan

Apa arti sebuah kehilangan?

Adalah kita telah merasa memiliki

Apa arti sebuah kehampaan

Adalah kita telah merasa terisi

Pernah ada, namun akhirnya tiada.

That’s what I felt.

Dulu ada, sekarang tiada

Janin yang berkembang di rahim gue, stuck di usia 7 minggu 4 hari

Malam ini, adalah dimana gue telah sanggup menuliskannya dan menerima semua keputusan-Nya.

Lagipula,

Maka nikmat Tuhan kamu manakah yang telah kamu dustakan?” (Q.S. Ar Rahman:13)

kalimat ini diulang hingga tiga puluh satu kali di dalam surat tersebut

Sehingga gue, bisa menerima.

Bahwa tidak ada satu lembar daun pun jatuh ke bumi tanpa atas sepengetahuan-Nya

tanpa rekayasa-Nya

Dan …

inilah titik balik

Sejak tanggal 8 April 2015 (uk 8w4d), dokter menyatakan janin gue nggak berkembang

Mungkin dia lelah dan butuh istirahat, pikir gue.

Tanggal 10 April (uk 9w) gue cari second opinion dan janin gue dinyatakan telah berhenti berkembang pada usia 7w4d.

Sama.

Sepulang dari klinik, gue cuma bisa nangis sepanjang jalan.

Menyesali kebodohan diri dan betapa hancurnya perasaan gue.

Beruntung banget gue punya suami yang luar biasa baiknya.

Sepulang dari klinik dia nanya mau makan dimana… dan gue bilang, gue belum mau pulang. Gue butuh waktu sejenak untuk memastikan kaki gue masih berpijak di bumi. Gue minta kita makan di tempat yang agak jauh.

Biasanya, suami gue paling males makan disana. Tapi dia ngerti kondisi gue dan menuruti kemauan gue malam itu.

Sampai di rumah, Asa sudah bobo. Gue dan suami ngobrol panjang dan diskusi tentang langkah selanjutnya.

Kali ini kami sudah pasrah. Sudah ndak ada lagi harapan.

Suami juga bilang di kehamilan gue yang kedua ini memang feeling dia ga sekuat Asa dulu. Dia juga dan pasrah kalo harus kehilangan bayi ini. Dia sudah ikhlas, walaupun gue tahu dia sedih banget karena dia pengen banget punya anak lagi.

Malam itu kami putuskan untuk besoknya ke klinik Faskes 1 untuk minta rujukan tindakan kuretase.

Bersambung

 

Leave a Reply

