Menulis Bahasa Indonesia

Menulis Bahasa Indonesia

Iseng melihat postingan di akun media sosial yang gue punya, sepertinya sebagian besar postingan tersebut ditulis menggunakan Bahasa Inggris, atau kalaupun ada yang berbahasa Indonesia, masih tetap diselingi kutipan berbahasa inggris.

Sebetulnya tulisan itu dibuat tanpa sengaja berbahasa Inggris. Bukannya sombong dan sok “bule”… cuma awalnya tulisan-tulisan tersebut dibuat sebagai ajang latihan nulis pake bahasa Inggris. Akhirnya, jadi kebiasaan… dan kebiasaan ini jadi karakter gue.

Dah terbiasa mikir pake Bahasa Inggris.

Ini sebenarnya ilmu dari siapa gue juga lupa… cuma dulu pernah ada yang nyaranin, kalo mau jago berbahasa Inggris, maka berpikirlah dalam bahasa Inggris. Jadi proses yang tadinya ada tiga tahap, bisa dipangkas jadi dua tahap.

Gampangnya gini, misalnya lo mau ngomong “I love you” itu kalo pake tiga tahap:

mikir “aku cinta kamu” —-> terjemahin “aku cinta kamu” menjadi “I love you” —-> ngomong “I love you”

 

Nah, tiga tahap itu lo pangkas jadi dua tahap aja

mikir “I love you” —-> ngomong “I love you”

Susah? Nggak… itu cuma masalah KEBIASAAN.

Sepanjang gue nulis ini aja, gue mikirnya dah pake bahasa Inggris… jadi sekarang gue perlu memutarbalikkan keadaan.

Yang tadinya mikir pake Bahasa Inggris, jadi mikir pake Bahasa Indonesia dan tulis pake Bahasa Indonesia.

Emang dasar manusia nggak ada puasnya yak… hihi…

Kenapa gue tulis begini? karena waktu gue liat portofolio terjemahan gue..kayaknya kok hasil terjemahan Inggris-Indonesia gue lebih jelek daripada terjemahan Indonesia-Inggris?

kayaknya kudu lebih banyak belajar nulis pake bahasa Indonesia dulu deh nih… kalo dah seimbang, baru deh nulis nginggris lagi…

Semangaaat!!! ^_^

 

Leave a Reply

