Bahasa Inggris untuk Anak

Bahasa Inggris untuk Anak

Post #25

Seorang sahabat ngirimin gue pesan hari ini, menanyakan kapan sebaiknya seorang anak belajar bahasa Inggris?

Enteng,

gue jawab

“Kalau si anak sudah bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar”

dan temen gue itu WA gue lagi,

“Kira-kira SD kali yah?”

tergantung…

Karena setiap anak berbeda, kemampuan berbahasanya pun berbeda.

Jawaban gue nggak jelas?

Emang! haha..

Kenapa gue bilang kayak gitu?

Karena kalau seorang anak diajarkan bahasa asing terlalu awal-bahasa apapun itu-

Dikhawatirkan, si anak bisa gagap bahasa.

Gagap bahasa disini maksudnya, anak ini nanti bingung, bimbang, galau dan nelangsa *lebay*

mau pake bahasa apa, keluarnya bahasa apa. Nah loh?

Gue sih belum pernah mengadakan penelitian resmi lebih lanjut di bidang ini, tapi berdasarkan riset kecil-kecilan, mostly anak yang bisa berbahasa Inggris dari kecil, ketika dia dewasa, nggak menjamin bahwa dia akan cas cis cus juga kalau itu bahasa asing nggak dipelihara.

Dipelihara disini maksudnya, digunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam jangka waktu tertentu secara intens.

Program gue untuk Asa sih simple,

Gue ajak jalan aja nanti ke luar negeri. Filipina, misalnya kalo Asia.

Tinggal disana sebulan aja dah, terus selanjutnya gue pake bahasa inggris selama komunikasi sama dia.

Belum punya cukup duit?

Ya ke kampung Inggris di Pare, Kediri sana…

Atau nggak ada waktunya?

Ya komitmen berbahasa Inggris di rumah dalam jangka waktu tertentu secara intens.

Simpel. Walaupun nanti prakteknya nggak sesimpel teorinya. Tapi maksud gue adalah. Anak akan ada waktunya sendiri untuk belajar.

Dan kapan waktu yang tepat?

Her mother knows best when.

Period

 

Leave a Reply

