Blogging: Write burdenless!

Blogging: Write burdenless!

February 5th, 2016

Post #34

Kemarin pagi saya dan kawan-kawan dari komunitas menghadiri sebuah acara di kantor walikota.

Salah seorang pembicaranya adalah salah satu tim Humas dari Kemkominfo. Materi beliau sangat menarik karena memberikan wawasan baru kepada saya tentang bagaimana menyampaikan informasi yang baik kepada publik, bukan sekedar menyampaikan informasi yang ingin didengar oleh publik.

Salah satu kawan saya berbisik:

“Iye, gue punya blog tapi juga bingung mau nulis apa”

Kawan saya tersebut bukanlah orang sembarangan. Beliau lulusan S2 UI dan sekarang pun sudah menjadi seorang dosen di UI. Saya, yang sedang menjalani ODOP untuk melatih kemampuan saya dalam menulis, dengan santai menjawab:

“Lo tulis aja apa yang lo mau tulis. Nggak usah pikirin gimana nantinya, nanti juga terbiasa”

Yang diajak bicara cuma mesem sambil meneruskan menyimak materi dari pembicara.

Buat saya, ODOP ini terapi. Pemaksaan terhadap diri sendiri.

Tapi akhirnya, proses ini saya nikmati.

Bagaimana ketika ide itu muncul dan kemudian saya kembangkan sendiri di dalam pikiran.

Sampai akhirnya terkadang karena pikiran ini berkembang terlalu liar, maka saya pun tidak dapat membendung hasrat untuk menulis sesegera mungkin.

Oleh karena itu, sebisa mungkin saya buka akses terhadap media menulis.

Dengan menginstal aplikasi mini-blogging, misalnya.

Atau kalau sedang agak sibuk, saya akan menulis ide atau judulnya saja. Cukup satu-dua kata atau bahkan satu kalimat.

Ketika waktu dan suasana sudah mendukung (anak dan suami sudah terlelap), maka mulailah saya membuka laptop dan menulis.

ODOP ini sekarang sudah menjadi candu. Terkadang, saya sudah tidak bisa tidur ketika hasrat menulis sudah demikian besar.

Maka yang saya lakukan adalah, membuka laptop dan membiarkan kata-kata tersebut menari dan mengalir ke layar…

Just like tonight. ^_^

 

Leave a Reply

